Ethereum adalah Garis Depan Mata Uang Digital

Kami telah duduk di sini selama 3 tahun terakhir melihat hanya aplikasi infrastruktur seperti dompet dan pertukaran yang muncul di atas Bitcoin . Mengapa demikian?

Teori saya adalah bahwa bahasa skrip dalam Bitcoin – bagian dari setiap transaksi Bitcoin yang memungkinkan Anda menjalankan program perangkat lunak kecil bersamanya – terlalu membatasi.

Masukkan Ethereum . Ethereum telah mengambil apa yang dulunya adalah kalkulator empat fungsi dari bahasa pemrograman di Bitcoin dan mengubahnya menjadi komputer yang lengkap. Kami sekarang berdiri hanya 9 bulan dari awal jaringan Ethereum dan tingkat pengembangan aplikasi sudah lebih cepat dari Bitcoin. Kami akhirnya mendapatkan iterasi yang cepat di lapisan aplikasi. Dalam satu contoh awal, orang telah merancang organisasi terdesentralisasi ( The DAO ) – sebuah perusahaan yang jantungnya adalah kode dan operasi periferal dijalankan oleh manusia, bukan sebaliknya – yang sejauh ini telah mengumpulkan $ 150 juta dalam crowdfunding terbesar yang pernah ada.

Untuk lebih jelasnya, saya tidak berpikir ini perlu menjadi kontes antara Bitcoin vs. Ethereum dan rencana Coinbase untuk sangat mendukung keduanya. Saya pikir ini tentang memajukan mata uang digital sebanyak yang kami bisa. Namun, ada banyak sekali tumpang tindih di antara keduanya, jadi perbandingan itu berharga dan potensi persaingan itu nyata.

 

Bagaimana kita bisa sampai disini?

Pertama, beberapa sejarah. Saat kertas putih Bitcoinmuncul pada tahun 2008 itu benar-benar revolusioner. Jumlah konsep yang harus digabungkan dengan cara yang benar – ilmu komputer, kriptografi, dan insentif ekonomi – sangat mencengangkan. Ketika jaringan Bitcoin yang sebenarnya diluncurkan pada tahun 2009, tidak ada yang mengetahuinya, dan banyak dari mereka yang mengira itu pasti akan gagal.

Hanya untuk memastikan semuanya berfungsi, bahasa skrip dalam Bitcoin sengaja sangat dibatasi. “Bahasa skrip” adalah cara yang bagus untuk mengatakan mudah bekerja dengan bahasa pemrograman (pada kenyataannya, Bitcoin tidak memiliki bahasa skrip, ia menggunakan tumpukan dengan operator skrip – lebih banyak lagi nanti).

Bahasa scripting dalam Bitcoin penting karena itulah yang membuat Bitcoin menjadi “uang yang dapat diprogram”. Di dalam setiap transaksi Bitcoin ada kemampuan untuk menulis program kecil. Sebagai contoh, Anda dapat menulis program kecil dalam transaksi Bitcoin yang mengatakan “transaksi ini tidak valid kecuali tanggal 15 Juni 2016 atau lebih baru”. Ini sangat ampuh karena Anda dapat memindahkan uang secara otomatis dengan kode komputer dan setiap orang dapat melihat aturan yang digunakan untuk memindahkan uang dan mengetahui aturan tersebut akan diikuti.

Sungguh, dan masih, luar biasa bahwa Bitcoin turun dan hidup setelah 7 tahun. Ini adalah jaringan pertama yang memungkinkan siapa pun di dunia untuk mengakses sistem keuangan yang pada dasarnya terbuka melalui perangkat lunak gratis. Memiliki kapitalisasi pasar ~ $ 7 miliar dan tidak pernah memiliki masalah sistemik yang tidak dapat diperbaiki. Bagi beberapa orang, ini sudah sukses besar.

Namun, kami juga berdiri di sini 7 tahun dalam Bitcoin dengan sedikit aplikasi dan tidak ada “aplikasi pembunuh” di luar penyimpanan nilai dan spekulasi. Bahasa skrip di Bitcoin hampir tidak berkembang dan tetap sangat terbatas. Sementara Bitcoin telah terlibat dalam perdebatan tentang ukuran blok – topik penting untuk kesehatan jaringan, tetapi bukan sesuatu yang harus menghentikan kemajuan di bidang yang muda dan berkembang pesat – Ethereum memetakan wilayah baru, baik secara intelektual maupun secara eksekutif.

Jangan salah – Ethereum tidak akan pernah ada tanpa Bitcoin sebagai pelopornya. Karena itu, saya pikir Ethereum lebih maju dari Bitcoin dalam banyak hal dan mewakili mata uang digital yang paling mutakhir.

Saya percaya ini karena beberapa alasan:
Bahasa pemrograman Ethereum memungkinkan Anda melakukan lebih dari sekadar Bitcoin
Seperti disebutkan di atas, bahasa skrip Bitcoin sengaja dibatasi. Anda mungkin menyamakannya dengan pemrograman dengan kalkulator grafik tingkat lanjut – fungsinya terbatas.

Akibatnya, Anda hanya bisa melakukan hal-hal mendasar. Ini juga sulit untuk dipahami dan digunakan. Daripada kebanyakan bahasa pemrograman modern di mana kodenya hampir dapat dibaca seperti kalimat, ini terlihat seperti kode mesin yang tidak dapat dipahami .

Hasilnya, Mike Hearn, mantan pengembang Google yang berbakat, membutuhkan waktu 8 bulan untuk menulis versi pertama dari aplikasi crowdfunding yang cukup sederhana .

Sebaliknya, bahasa pemrograman Ethereum ( Soliditas bagi mereka yang menyukai Javascript, Serpent bagi mereka yang menyukai Python) memungkinkan Anda melakukan hampir semua hal yang dimungkinkan oleh bahasa pemrograman tingkat lanjut. Inilah mengapa mereka disebut ” Turing complete “. Yang tak kalah penting, mereka mudah digunakan. Mudah bagi pengembang mana pun untuk mengambilnya dan dengan cepat menulis aplikasi pertama mereka.

 

Pengembang di Coinbase telah menulis aplikasi Ethereum sederhana dalam satu atau dua hari.
Saya tidak bisa terlalu menekankan betapa pentingnya kombinasi fungsionalitas pemrograman penuh dan kemudahan penggunaan ini. Orang-orang melakukan hal-hal di Ethereum yang tidak mungkin dilakukan saat ini di Bitcoin. Ini telah menciptakan generasi baru pengembang yang tidak pernah bekerja dengan Bitcoin tetapi tertarik dengan Ethereum.Ini telah menciptakan generasi baru pengembang yang tidak pernah bekerja dengan Bitcoin tetapi tertarik dengan Ethereum.
Bitcoin dapat memiliki fungsi canggih ini, tetapi akan melalui serangkaian lapisan lain yang bekerja dengan protokol Bitcoin yang belum dibuat, sementara Ethereum menyediakannya di luar kotak.

Di luar perbedaan radikal dalam bahasa skrip, alat pengembang jauh lebih baik di Ethereum. Bitcoin tidak pernah memiliki seperangkat alat pengembang yang menangkap banyak hal, dan mereka sangat dibutuhkan mengingat jauh lebih sulit untuk bekerja dengan Bitcoin di luar kotak. Ethereum telah membuat hidup sebagai pengembang jauh lebih mudah. Ini memiliki beranda yang ramah untuk devs dan lingkungan pengembangannya sendiri ( Mix IDE ) antara lain.

Ethereum memiliki komunitas pengembang yang lebih kuat

Komunitas pengembang di Bitcoin merasa tidak aktif. Bitcoin tidak pernah benar-benar berhasil melewati tahap dompet dan pertukaran sederhana. Hal paling penting yang akan dirilis baru-baru ini adalah implementasi Lightning Network (cara melakukan transaksi, terutama mikrotransaksi, lebih efisien) yang disebut Thunder . Ini adalah lapisan protokol tambahan, bukan aplikasi, bagaimanapun, dan dapat digunakan oleh Bitcoin dan Ethereum.

Sebaliknya, komunitas pengembang Ethereum terasa bersemangat dan berkembang. Yang terpenting, hal-hal baru sedang dicoba di Ethereum. Meskipun sebagian besar adalah eksperimen atau mainan saat ini, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang dari seluruh dunia yang berkembang pesat.

Mindshare pengembang adalah hal terpenting yang dimiliki dalam mata uang digital. Satu-satunya alasan jaringan ini (Bitcoin, Ethereum) dan token mereka (bitcoin, eter) memiliki nilai adalah karena ada ekspektasi masa depan bahwa orang-orang ingin memperoleh token tersebut untuk menggunakan jaringan. Dan pengembang membuat aplikasi yang mendorong permintaan itu. Tanpa alasan untuk menggunakan jaringan, jaringan dan mata uangnya tidak ada artinya.

Tim pengembangan inti Ethereum sehat sementara Bitcoin tidak berfungsi
Vitalik Buterin , pencipta Ethereum, telah menunjukkan janji awal sebagai pemimpin proyek open source. Dia tampak nyaman sebagai komunitas dan pemimpin teknis. Sebagai contoh, inilah yang dia kirimkan kepada kami ketika kami menambahkan Ethereum ke GDAX , pertukaran kami.

Sebaliknya, Bitcoin mengalami kekosongan kepemimpinan sejak Gavin Andresen mundur setelah pengembang inti lainnya tidak setuju dengan argumennya (menurut pendapat saya rasional dan meyakinkan) untuk meningkatkan ukuran blok . “Pengembang inti” sebagaimana mereka sekarang berdiri juga relatif terfragmentasi.

Di luar kekosongan kepemimpinan, “kepemimpinan” Bitcoin kurang jelas dan beracun. Greg Maxwell, pemimpin teknis Blockstream yang mempekerjakan sebagian besar pengembang inti , baru-baru ini merujuk pada pengembang inti lain yang bekerja dengan penambang pada kompromi ukuran blok sebagai ” penurunan yang berarti baik .” Papan diskusi kedua perlu dibentuk di reddit, / r / btc , karena sensor pada / r / bitcoin asli . Konten di papan diskusi Bitcoin terasa seperti pertengkaran saat Ethereum berbicara tentang masalah yang relevan dan ide-ide baru. Singkatnya, kepemimpinan Ethereum (dan sebagai hasilnya komunitasnya) bergerak maju sementara hal-hal perlu menjadi lebih buruk sebelum bisa menjadi lebih baik dalam Bitcoin.

Ethereum memiliki pola pikir berkembang sementara Bitcoin memiliki rasa pencapaian yang salah
Pola pikir umum kedua komunitas juga terasa berbeda. Banyak orang di Bitcoin tampaknya memiliki perasaan yang salah tentang “kami memiliki jaringan yang sangat berharga ini yang perlu kami lindungi!”. Menurut saya pandangan itu salah dan berbahaya. Bitcoin masih lipat lebih kecil dari jaringan keuangan utama dunia pada ~ $ 200 juta / hari dalam volume transaksi (Visa $ 18 miliar / hari, kabel SWIFT $ 5 triliun / hari) dan ~ 10 juta pengguna ( 5 miliar di bank ). Dan sementara transaksi per hari pada Bitcoin tampaknya meningkat dengan kecepatan yang sehat, volume transaksi $ aktual pada Bitcoin tidak tumbuh banyak.

Volume transaksi Bitcoin di masa puncak dibandingkan dengan jaringan lain – jalan kita masih panjang
Sementara itu, tim pengembangan inti di Ethereum sedang fokus. Ini terbukti dari blog Ethereum . Ketika saya mulai membacanya, itu adalah semua yang saya pikirkan tentang Bitcoin saat ini dan masa depan tetapi tidak banyak dibahas: penskalaan jaringan , kelayakan bukti kepemilikan , cara membuat mata uang digital yang stabil , apa perusahaan berbasis blockchain (DAO) akan terlihat , di antara topik lainnya. Ini adalah ide yang sangat ambisius dan beberapa tidak akan berhasil. Tetapi beberapa mungkin akan berhasil, dan mereka akan menjadi penting – pindah ke bukti kepemilikan dan menghilangkan penambangan fisik menjadi salah satu yang paling menjanjikan.

Ethereum membuat kemajuan teknis yang lebih cepat dan lebih konsisten pada protokol inti
Di Bitcoin, kami sebagian besar terjebak dalam perdebatan ukuran blok selama satu setengah tahun terakhir. Beberapa perbaikan kecil telah dilakukan ( CHECKLOCKTIMEVERIFY untuk mengaktifkan waktu fungsi penguncian disebutkan sebelumnya), dan lain-lain dalam pengembangan tapi belum hidup ( Segregated Saksi untuk membuat jaringan lebih efisien). Tak satu pun dari perubahan ini telah memicu banyak hal dalam pengembangan aplikasi.

Sementara itu, di luar bahasa pemrograman yang lebih kuat, Ethereum membuat kemajuan yang merupakan inti bahkan transaksi dasar. Penambangannya memungkinkan pemblokiran yang jauh lebih cepat, dan dengan demikian, waktu konfirmasi transaksi – sekitar 14 detik di Ethereum dibandingkan dengan 10 menit di Bitcoin (bukan perbandingan apel dengan apel, tetapi poin yang lebih besar berlaku). Hal ini sebagian besar disebabkan oleh konsep penambang yang dibayar untuk pekerjaan yang mereka lakukan apakah mereka yang pertama menyelesaikan blok berikutnya atau tidak ( sistem yang disebut “blok paman” ). Meskipun sistem ini belum sempurna , ini adalah kemajuan yang berarti menuju konfirmasi transaksi yang lebih cepat.

Argumen balasan dan peringatan

Ethereum masih muda dan bijaksana untuk menyoroti risikonya:
Ethereum telah mampu mengambil lebih banyak risiko dengan fitur-fitur baru karena kerugiannya lebih sedikit. Sebagian besar sejarah Ethereum telah terjadi meskipun telah bertahan dalam ratusan juta dolar, sementara Bitcoin berada dalam miliaran. Saat Ethereum terus berkembang, ia mungkin tidak dapat “bergerak cepat dan menghancurkan sesuatu” dengan cara yang sama. Dalam prakteknya menurut saya ini sebagian besar tergantung pada kualitas tim pengembangan inti – jika mereka terus membuat kemajuan dan membangun kepercayaan dengan komunitas eksekusi masih bisa cepat, seperti yang ditunjukkan oleh Linus Torvalds dengan Linux sebagai proyek open source.

Ethereum belum mengalami krisis tata kelola. Vitalik mengakui hal ini pada pertemuan Ethereum yang kami selenggarakan di Coinbase . Seperti proyek apa pun yang berhasil, tidak dapat dihindari untuk menemui hambatan karena kepentingan pribadi masyarakat semakin besar.

Ethereum memungkinkan Anda melakukan lebih dari yang Anda bisa saat ini di Bitcoin, dan itu membawa peningkatan risiko regulasi. Ini bukan risiko sistemik untuk Ethereum sebagai jaringan, lebih merupakan risiko untuk aplikasi Ethereum tertentu. Contoh yang baik adalah organisasi yang terdesentralisasi (mis .: DAO) dan peraturan yang biasanya berlaku untuk perusahaan.

Ada risiko keamanan yang lebih besar dengan Ethereum. Memiliki bahasa pemrograman yang lebih kuat menciptakan area permukaan yang lebih luas untuk hal-hal yang salah. Bitcoin telah diuji pertempuran selama 7 tahun. Ethereum telah hidup selama 9 bulan dan sekarang menyimpan sekitar $ 1 miliar . Meskipun belum ada masalah besar, ada kemungkinan ada masalah yang belum disadari. Kemungkinan ini turun setiap hari. Orang-orang pasti akan membuat kontrak pintar dengan bug di Ethereum. Ini bukan karena kegagalan protokol inti Ethereum, seperti kegagalan Mt. Gox bukanlah kesalahan dalam protokol Bitcoin.

Ethereum mungkin mencoba untuk pindah ke bukti kepemilikan . Ini akan menjadi terobosan besar jika berhasil karena akan menghilangkan kebutuhan akan bukti kerja dan semua penggunaan perangkat keras dan listrik yang menyertainya, tetapi juga menghadirkan risiko besar. Saya yakin risiko ini dapat dikelola karena akan ada pengujian ekstensif sebelumnya .

Penskalaan jaringan lebih sulit bila mendukung program mini selain pemrosesan transaksi dasar. Ini adalah pertanyaan terbesar yang saya miliki ketika saya mulai membaca tentang ide tersebut pada tahun 2014. Meskipun tidak ada peluru perak di sini, saya pikir beberapa kombinasi solusi akan dikembangkan seiring waktu seperti halnya dengan teknologi yang terus berkembang. Beberapa kemungkinan untuk Ethereum adalah memecah jaringan , daya komputasi, dan jaringan secara alami semakin cepat dari waktu ke waktu, dan ekonomi blockchain Ethereum hanya menjalankan hal-hal terpenting sebagai fungsi pemaksaan.

Ada argumen yang layak (paling baik diartikulasikan oleh Gavin Andresen dalam artikelnya Bit-thereum) bahwa lebih baik untuk membuat lapisan transaksi dasar tetap bodoh untuk alasan penskalaan dengan logika lanjutan di lapisan yang lebih tinggi. Mungkin saja kita datang lingkaran penuh dan berakhir kembali ke sana, tetapi ini bukan hal yang menarik saat ini dibuat karena lebih sulit untuk 1) membuat dan 2) mendapatkan adopsi yang layak dari banyak lapisan dalam tumpukan daripada yang seharusnya semuanya di luar kotak di Ethereum.

Tunggu – mengapa ini kontes? Apakah Bitcoin dan Ethereum pesaing atau saling melengkapi?
Ini masih harus dilihat. Ada kemungkinan Bitcoin tetap menjadi protokol yang membuat orang nyaman menyimpan nilainya karena lebih stabil dan dapat diandalkan. Ini akan memungkinkan Ethereum untuk terus mengambil lebih banyak risiko dengan mencoba kemajuan yang kurang teruji. Dalam skenario ini, Bitcoin lebih merupakan jaringan penyelesaian sementara Ethereum digunakan untuk menjalankan aplikasi terdesentralisasi (di mana sebagian besar volume transaksi terjadi di udara). Keduanya bisa sangat saling melengkapi.

Namun, yang sangat nyata adalah kemungkinan bahwa Ethereum melampaui Bitcoin sepenuhnya. Tidak ada yang bisa dilakukan Bitcoin yang tidak bisa dilakukan oleh Ethereum. Meskipun Ethereum kurang teruji dalam pertempuran, ia bergerak lebih cepat, memiliki kepemimpinan yang lebih baik, dan memiliki lebih banyak berbagi pemikiran pengembang. Keuntungan penggerak pertama menantang untuk diatasi, tetapi pada kecepatan saat ini, itu bisa dibayangkan.

Banyak orang bertanya- tanya mengenai, Apa Itu Forsage?

FORSAGE Smart Contract adalah proyek desentralisasi tanpa pemilik atau admin. Ini adalah kontrak pintar, sebuah algoritma, di dalam blockchain Ethereum. Kontrak pintar, seperti mata uang digital, didesentralisasi.

Mereka bekerja secara ketat sesuai dengan program yang ditetapkan, tanpa kemungkinan perubahan kondisi kerja. Kode, yang berisi semua logika kontrak, ditempatkan di blockchain, dan semua perhitungan disediakan oleh jutaan komputer di seluruh dunia.

Ini memastikan bahwa tidak ada risiko meretas kontrak pintar dan menghentikan proyek. Tidak ada mata uang yang pernah disimpan dalam kontrak pintar dan semua dana ada di dompet Trust Wallet Anda.

  • Bonus Sponsor 100 % Pertitik
    ( terima Berulang -ulang )
  • Bonus pasif 100 % Pertitik
    ( terima unlimited tanpa kontrak )

 

 

TRON FORSAGE.IO
Blockchain Technology
DESENTRALISASI

Apa artinya “desentralisasi”? Apa saja kelebihan dan manfaatnya?

Pemasaran Matrix Forsage dibuat dengan “smart contract” yang menawarkan keamanan dan keberlanjutan maksimum. “Smart contract”/ Kontrak pintar adalah algoritme yang dieksekusi otomatis.

“Smart Contract” Forsage berada di dalam blockchain Tron, salah satu mata uang kriptografi popular di dunia.

Smart kontrak, seperti juga cryptocurency, semuanya terdesentralisasi. Smart kontrak bersifat final, dalam arti, setelah smart kontraknya berjalan, tidak mungkin lagi dilakukan perubahan apapun terhadap kondisinya, algorimanya, logic dan cara kerja smart kontrak tersebut. Kode sumber smart kontrak, di tempatkan di platform blockchain, eksekusinya di dukung oleh jutaan komputer di dunia, hal ini memastikan smart kontrak aman dari resiko hacking ataupun, smart kontraknya di hentikan.

Bagi anda yang minat untuk bergabung silahkan Grup https://forsageindonesia.org form pendaftaran.

 

 

Forsage Indonesia